Friday, December 29, 2017

Ada Apa #10 | Perjuangan

Saya sadar dan tidak melakukan apa-apa. Menulis dengan jujur adalah hal yang berat, terutama saat ini, tetapi saya yakin menulis adalah terapi. Murah, mudah, dan membuat lega. Setidaknya, itu yang dirasakan sebelumnya, sebelum berada pada titik ini. Dan seharusnya hal itu berlaku juga untuk sekarang.



Terbangun dari tidur dan tidak bisa terpejam lagi, merasa sendiri, atau sesederhana mempertanyakan, "Kenapa aku hidup?". Orang-orang sering lupa bahwa manusia sangat rumit. Depresi bukan hanya menyerang mereka yang terlihat punya segudang masalah, tetapi juga mereka yang terlihat baik-baik saja. Tak lain tak bukan memang karena buta.

Mulai melakukan hal-hal yang berlawanan, terlalu sensitif dengan sekitar. Namun, saya bersyukur karena masih bisa menangis, sebagai satu-satunya cara untuk menumpahkan perasaan dan emosi.

Sepenggal sejuk dari Mas Gun

Ternyata, saya gagal paham dan masih harus berjuang, untuk mengaktifkan reproduksi kebahagiaan. Semoga saya terampuni dan berprasangka baik, selalu.

-------------------------------------

"Plants need to be watered. But they don’t need water all of the time. Trying to be helpful because you think you know what it needs, you over-water the plant. You think you’re doing a good thing, but the plant doesn’t actually need more water. Sometimes plants need water, but at other times they just need some sun. Sometimes people need advice, but at other times all that they really need is for you to listen and show that you are trying to understand. So instead of “over-watering your plant”, place it under the sun to give it the nourishment it needs."

No comments:

Post a Comment