Thursday, August 17, 2017

Sarapan Bersama Ibu: Mie Ayam Djago

Siapa yang suka mie ayam? Ayo, angkat tangan!

Ibu sudah mencoba berbagai macam mie ayam, apalagi pas beliau masih tinggal di Surabaya dan Malang. Jadi Ibu udah tau benar mana mie ayam enak dan mana yang biasa saja karena dalam kamus Ibu sih nggak ada makanan yang nggak enak haha sama kayak anaknya.

Nah, proses menemukan Mie Ayam Djago ini cukup sulit *drum rolls*.

Dulu kalau ke Tangerang selalu makan mie ayam enak di daerah Pasar Lama. Mie ayamnya buatan tetangga pakdenya Ibu. Lupa namanya, biasanya saya bilang pengen makan mie ayam koko, tapi mie ayamnya enak banget. Mienya buatan sendiri, pakai kaldu ayam asli, dan potongan ayamnya melimpah. Selain pakai sawi, pakai taoge juga. Beneran enak deh pokoknya. Sayang sekali, mie ayamnya sudah lama tutup, kalau nggak salah saat saya mulai masuk SMA.

Dan hari-hari di Tangerang pun saya lalui tanpa mie ayam enak lebay.

Akhirnya, sekitar awal masuk perkuliahan, saya menemukan mie ayam yang enak! Enaknya beda sih sama mie ayam koko, tapi dalam standar yang sama (?) If you know what I mean.

Namanya Mie Ayam Djago. Pertama kali tau tuh dari... jalan-jalan ke daerah Ubud, Karawaci di pagi hari. Lagi sight seeing di ruko Asiatic dan bumped up sama satu ruko dengan kanopi cokelat dengan tulisan "Mie Ayam Djago".



Pas turun dari mobil langsung terlihat ada etalase bakso goreng dan otak-otak. Tanpa pikir panjang, kami langsung pesan bakso gorengnya. Baksonya gendut-gendut lucu minta dimakan deh pokoknya.



Saat masuk ke dalam, Ibu tanya dulu, apakah Mie Ayam Djago ini halal atau enggak. Ternyata halal! Kami berdua langsung happy dan memesan dua hal yang sama, mie ayam jamur. Di Mie Ayam Djago, semuanya homemade. Termasuk mienya yang ada dua pilihan, mie halus dan mie lebar. Dan kalau semuanya buatan sendiri, no wonder lah ya, pasti rasanya enak. No MSG pula, jadi makin cinta kan.

Mie Ayam Jamur (Halus)



Kami suka banget sama ayam dan jamurnya yang melimpah, ditambah kuah kaldu ayam kampung yang gurih. Di meja sudah tersedia berbagai macam complement seperti potongan daun bawang, something salty warna cokelat gitu (nggak tau namanya apa), sampai saus, kecap, dan sambal.

Ini selalu jadi pilihan Ibu. Mienya kecil-kecil dan keriting, mirip Bakmi Permata (non-halal, tapi dulu pernah makan lol). 

Mie Ayam Jamur (Lebar)



Kalau ini pasti saya yang pesan. Nggak melulu mie lebar sih, kadang mie halus juga, tergantung lagi pengennya apa. Kalau mie lebar ini agak lurus dan lebih lebar mirip kwetiau, tapi tentu rasanya tetap seperti mie ya. Agak mirip tagliatelle sih karena tipis-tipis gitu.

Bakso Goreng



Bakso goreng ayam yang menggemaskan selalu manggil-manggil buat dimakan. Cocol pakai saus merah asam manisnya sambil makan mie ayam jamur memang juara banget deh. Sukses bikin setiap sarapan di Mie Ayam Djago selalu menyenangkan + mengenyangkan.

Di Mie Ayam Djago ada menu lain yang sama enaknya, kayak nasi tim ayam, nasi hainam, bubur ayam, soto ayam, atau suikiauw. Untuk mie ayamnya sendiri bisa pakai tambahan bakso dan pangsit seperti di kedai bakmi lainnya kok. 

Iya, sarapan mie ayam memang berat, tapi percayalah, rasanya terlalu sayang untuk dilewatkan. Semoga bisa menjadi referensi sarapanmu di akhir pekan. Kalau di Tangerang, teman-teman saya tuh selalu heboh sama Mie Ayam Banyumas, saya sih tetap berlabuh pada Mie Ayam Djago saja.

Apa mie ayam kesukaanmu?

No comments:

Post a Comment